Merawat Motor Matic

By Arda Sitepu - Tuesday, September 26, 2023

                      

Dewasa ini, setiap rumah tangga rata-rata memiliki sepeda motor. Hal ini dikarenakan banyaknya kegunaan sepeda motor yang membantu setiap kegiatan atau pekerjaan. Pilihan sepeda motor pun bervariasi, namun yang banyak dipilih adalah jenis motor matic.

Semenjak kehadiran motor matic di Indonesia, masyarakat mulai melirik jenis motor tersebut. Apalagi memiliki banyak kelebihan dibanding motor manual. Berikut kelebihan motor matic yang banyak digemari masyarakat terkhusus kaum perempuan:

       1.     Motor lebih mudah digunakan

Umumnya, perempuan dikategorikan sebagai pengguna “user” untuk setiap kendaraan. Biasanya memilih kendaraan yang mudah untuk dioperasikan alias tidak ribet. Motor matic pilihan yang tepat karena dapat digunakan dengan mudah dan sederhana.

 

        2.     Lebih gesit

Pengalaman pribadi memiliki motor matic dan motor manual, maka penggunaan motor matic lebih gesit dibanding motor manual. Karena bentuknya lebih simple, memiliki wheelbase pendek. Terlebih lagi jika dalam kondisi jalanan macet lebih mudah untuk menyalib di jalanan yang sempit.

 

        3.     Ruangan yang lebih besar

Untuk bagasi motor, maka motor matic jauh lebih besar dibanding dengan manual. Hal ini sangat bermanfaat untuk meletakkan berbagai keperluan atau barang selama dalam perjalanan.

     

        4.     Lebih ringan

Bobot yang dimiliki motor matic lebih ringan, pijakan di depan terlihat lebih luas sehingga perempuan lebih mudah menggunakannya walaupun saat menggunakan rok.

 

        5.     Pilihan tepat keluarga

Motor matic ini diperuntukkan untuk keluarga yang ingin melakukan perjalanan jauh. Karena lebih nyaman dan stabil di jalanan.

Kelima alasan di atas menjadi pemikat motor matic. Sehingga jenis motor ini membanjiri jalanan apalagi di kota-kota besar dengan kondisi jalan yang baik. Kelebihan motor matic tersebut seharusnya didukung pula dengan perawatan yang baik dari pengguna.

Apalagi perempuan yang terkadang mengabaikan untuk melakukan servis secara berkala. Sama halnya dengan jenis kendaraan lainnya, maka motor matic seharusnya diservis di bengkel yang tepat agar mesin awet bergitu juga komponen-komponen yang mendukungnya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan servis motor matic. Seperti Oli Mesin, Oli Gardan, Busi, Kampas Rem, Filter Udara, Aki atau Accu, Ban dan Tune Up Motor secara rutin.

Hal yang mau tidak mau dilakukan setiap kali servis adalah memeriksa Oli Mesin. Hal ini dikarenakan Oli Mesin berfungsi sebagai pelumas, pelindung mesin serta pendingin mesin. Sehingga perlu dilakukan penggantian oli apalagi sudah mencapai jarak 2500 Km. Untuk servis oli biasanya dikenakan penggantian oli dan jasa penggantiannya.

Akan tetapi untuk beberapa tahun terakhir pabrikan/retail mobil sudah memberikan rekomendasi penggantian sampai 5.000km/2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang merekan pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Oleh karena itu, wajar retail mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli motor matic biasa. Hal ini dikarenakan oli tersebut memiliki base oil tertinggi di kelas oli.

Ketika rutin mengganti oli mesin dengan oli terbaik maka motor lebih terawat dan jauh dari kata menyusahkan di tengah jalan. Oleh karena itu, merawat motor matic adalah pekerjaan sederhana namun tetap dilakukan secara konsisten di bengkel servis motor terbaik.

Salah satu bengkel servis terbaik adalah Planet Ban. Bengkel ini menjadi andalan untuk motor matic. Bengkel ini memberikan jaminan setiap servis motor matic yang di servis akan menjadi servis motor rasa baru atau sistem servis terpadu.

Tujuan dari Planet Ban melakukan ini adalah meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dengan biaya yang lebih hemat. Fokus dari pemeriksaan motor tersebut adalah bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis.

Berikut manfaat servis di Planet Ban:

     1.  Menggunakan oli dengan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis mesin menjadi lebih awet. 

        2.     Menggunakan paduan sparepart asli sehingga motor matic lebih nyaman dan tahan lama.

        3.     Untuk penggantian oli hanya sekali setiap 5.000km sehingga lebih hemat.

        4.   Dengan servis yang rutin secara tidak langsung dapat menjaga lingkungan dengan mengurangi emisi dan polusi.

Oleh karena itu, servis motor di Planet Ban adalah pilihan yang tepat karena memiliki manfaat yang baik. Apalagi secara rutin maka seluruh atau bagian part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru.

Seperti kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston dan throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran hingga terlihat seperti mesin baru. Setelah melakukan servis di Planet Ban maka hasilnya lebih enteng, emisi turun mencapai 70%, lebih hemat BBM dan mesin bersih secara total.

Harga yang ditawarkan di Planet Ban sangat terjangkau karena servis injeksi motor Cuma Rp20.000,- servis CTV sekaligus rantainya hanya Rp19.500 bahkan untuk throttle body hanya Rp20.000,-

Tentunya harga yang ditawarkan oleh Planet Ban sangat terjangkau dan pas di dompet. So, untuk para pengguna motor matic silakan berkunjung ke Planet Ban untuk mendapatkan hasil servis yang bagus dan membuat mesin motor serasa baru.

  • Share:

You Might Also Like

9 comments

  1. Planet Ban memang memudahkan banget kaum emak-emak merawat motor. Anti ribet dan boros karena service biayanya amat terjangkau. Bikin para emak gak sukar menjaga perawatan motor matic.

    ReplyDelete
  2. Setuju banget nih kak. Ketika kita rutin mengganti oli mesin dengan oli terbaik maka motor lebih terawat dan enak makenya. Plus jadi lebih aman berkendara di jalan.

    ReplyDelete
  3. Ganti oli memang urusan sepele, tapi untuk meluangkan waktu ke telpat servis itu kadang effort banget. Belum lagi kalau telpat servisnya abal-abal, daripada berabe servis ke tempat terpercaya saja apalagi kan motor matic gini

    ReplyDelete
  4. Sepeda motor tuh penting banget buat mobilitas kemana-mana, udah gitu lebih irit bahan bakar. Makanya mesti dirawat banget biar ga boncos di biaya servis kalau telat ganti oli

    ReplyDelete
  5. Dengan servis di bengkel terbaik Planet Ban, bikin hati nyaman sebagai pengendara kendaraan roda dua.

    Dan memang di Planet Ban, servisnya mantap banget plus dengan harga yang terjangkau.

    ReplyDelete
  6. Memiliki motor matic memang harus dirwat dengan rutin supaya mesin motor awet terjaga dengan servis di Planet Ban mesin motot matic terasa baru terus nih harganya juga terjangkau untuk servis dll

    ReplyDelete
  7. motor matic gampang dikendarai tapi emang kudu rutin diservice.. sebagai pengguna motor aku juga bikin jadwal buat ganti oli.. kalo service ringan sik paling setaun 2 kali

    ReplyDelete
  8. Motor wajib banget terawat apalagi matic ya so far semua sparepart nya harus di perhatikan

    ReplyDelete
  9. Beberapa kali beli ban di Planet Ban memang servisnya excelent bgt eh skrg ada layanan servisnya juga. pastinya mereka berikan servis terbaiknya

    ReplyDelete

Dear All,

Terima kasih sudah meninggalkan jejak positif di kolom komentar. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup. ^_^