Sari Jahe Untuk IRT 3M

By Arda Sitepu - Tuesday, October 29, 2019


Pagi itu, kepala terasa berat dan badan sangat letih untuk bangkit dari tempat tidur. Padahal, jam dinding sudah menunjukkan pukul 06.00 WIB yang biasanya sarapan seisi rumah sudah selesai dimasak dan pakaian suami ke kantor sudah beres. Namun, apa daya rasa kantuk dan badan yang lemah bekerjasama memaksa diri untuk tetap berbaring.

Waktu terus berjalan dan ternyata pukul 08.00 WIB, saya pun belum bangkit dari tempat tidur. Alhasil, suami dan anak-anak terancam terlambat sarapan pagi.  Tak hanya itu, rencana suami untuk ke kantor pun harus dibatalkan.

Bersyukur memiliki suami yang siaga dan langsung bergegas untuk mempersiapkan segala kebutuhan rumah. Membereskan anak-anak serta melakukan pekerjaan rumah.

Setelah diperiksa ternyata Ibu yang akhir-akhir ini suka tidur larut malam mengalami demam dan terkena flu berat. Jika dipikir-pikir selama ini cukup menguras tenaga untuk melakukan berbagai aktivitas. Walaupun sebagai IRT tetapi kegiatan yang dilakukan menyita waktu, tenaga dan pikiran.

Ketika saya sakit maka ujung-ujungnya seisi rumah jadi tidak terurus. Terbaring di tempat tidur seharian membuat hati tidak tega melihat anak-anak khususnya bayi yang harus mendapat perhatian lebih.

Alhasil, hari ketiga segala sakit pun sudah pulih dan mulai mengurus segala kebutuhan rumah tangga. Tak mau drama sakit terulang lagi, maka mulai hari itu saya memutuskan untuk lebih rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi dan minuman yang sehat.

Semua pasti setuju kalau Ibu Rumah Tangga (IRT) sakit maka seisi rumah akan ‘sakit’ juga. Apalagi saat ini saya adalah seorang IRT 3M yaitu Mengurus Keluarga, Menulis dan Membuat Lagu.
      
1.  Mengurus Keluarga


Salah satu kegiatan yang paling menyenangkan adalah mengurus keluarga. Mulai dari subuh hingga larut malam tidak hentinya memperhatikan kebutuhan suami dan anak-anak terkhusus bayi 10 bulan.

Tak hanya itu, IRT juga membereskan rumah hampir setiap hari. Apalagi memiliki dua anak balita yang super aktif, sudah pasti rumah akan terlihat seperti kapal pecah.

Pagi hari sudah disibukkan memasak sarapan, mengerjakan pekerjaan rumah, mempersiapkan kebutuhan suami, menemani anak sepanjang hari baik bermain dan belajar. Oleh karena itu, seorang IRT setidaknya harus rajin berolahraga dan mengkonsumsi vitamin atau pendukung daya tahan tubuh.

2.  Menulis Sebagai Blogger



Setelah berhenti bekerja, maka saya mencari tambahan penghasilan menjadi seorang blogger atau penulis lepas. Menariknya, pekerjaan ini juga sangat menyenangkan. Berbekal pengalaman kerja sebagai redaktur dan editor maka saya mulai menulis sebagai blogger.

Pekerjaan yang menuntut deadline harian ini juga sangat menyita tenaga dan pikiran. Belum lagi jika kebanjiran proyek menulis maka tak jarang harus tidur sampai larut malam.

Sebagai seorang blogger juga dituntut untuk memiliki wawasan yang cukup luas. Sehingga kegiatan observasi lapangan, kegiatan membaca buku dan juga blogwalking dapat dilakukan di sela-sela kegiatan rumah tangga atau saat anak beristirahat.


3.  Membuat Lagu, Theme Song & Jingle



Pekerjaan terakhir yang ditekuni adalah membuat lagu anak-anak, theme song sebuah acara dan juga jingle produk. Sebenarnya, pekerjaan ini sudah dilakukan sebelum berumah tangga. Namun, karena mendapat tawaran maka pekerjaan ini pun kembali dilakukan.

Ide membuat lagu biasanya pada malam hari sehingga melakukan pekerjaan ini hingga larut malam bahkan tidak tidur sering dilakukan. Oleh karena itu, banyak waktu dan pikiran yang terkuras untuk pekerjaan ini.


Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan tidak ada hentinya setiap hari dan hal ini yang membuat tubuh drop hingga akhirnya jatuh sakit. Oleh karena itu, bagi IRT yang memiliki waktu kerja selama 24 jam maka saya melakukan 5 (lima) hal berikut:

      a.    Olahraga Rutin
Setiap pagi sebelum beraktivitas sebaiknya melakukan olahraga sekitar 5-15 menit setiap hari. Olahraga yang dilakukan berupa jalan pagi, senam ataupun pilates.

      b.    Kelola Stres
Pekerjaan rumah tangga, menulis dan juga membuat lagu menyita ruang pikir. Oleh karena itu, sebagai IRT harus pintar membagi pikiran dan senantiasa positif dalam melihat sebuah permasalahan.
  
      c.    Istirahat Cukup
Mungkin hal ini yang cukup sulit dilakukan karena waktu istirahat yang kurang. Sehingga untuk menyiasatinya adalah saat anak tidur di siang hari maka IRT juga ikut tidur, walaupun lebih singkat setidaknya memberikan tenaga yang cukup baik untuk aktivitas berikutnya.

      d.    Makanan Bergizi & Seimbang
Pola makanan yang teratur, sehat, bergizi dan seimbang sangat membantu sistem imun tubuh. Oleh karena itu, IRT dapat memilih dan memasak makanan yang bergizi dalam mendukung kekuatan tubuh.

      e.    Minuman Daya Tahan Tubuh
Seperti wejangan dari orang tua untuk kembali kepada alami, maka saya biasanya menyiapkan minuman alami seperti jahe hangat, beras kencur, temulawak, wedang uwuh dan kunyit asam. Tapi biasanya, buat jadi minuman sehat agak ribet. Butuh waktu untuk menghancurkan bahan, merebus dan sebagainya. Apalagi kalau dituntut pekerjaan yang begitu banyak, maka IRT mau  yang simple dan cara buat yang mudah. 

Ngomong-ngomong soal minuman sehat, saya paling senang dengan bandrek. Apalagi saat ini musim hujan, minum bandrek menghangatkan banget. Bandrek yang berbahan dasar jahe tersebut agak sulit ditemui di sekitar rumah, jadi harus buat sendiri.


Untungnya, sekarang ada minuman serbuk jahe yang instan. Tinggal tuang, seduh dengan air hangat maka minuman sari jahe dapat menemani IRT 3M setiap hari.

Apalagi, kita ketahui bahwa manfaat jahe itu banyak banget mulai dari mengurangi rasa sakit, anti peradangan, mengurangi rematik, menurunkan risiko penyakit kronis, mengendalikan diabetes bahkan mampu menurunkan berat badan. Sehingga, saya paling senang dengan jahe khususnya Herbadrink.

Di pasar, minuman jahe banyak banget mulai dari merk A-Z, namun karena produk Herbadrink paling mudah didapat di minimarket dengan harga terjangkau maka saya memilih produk ini. Di samping itu, jahenya asli dan manisnya pas di lidah.


Herbadrink Sari Jahe ini selalu menemani saya hingga larut malam dalam mengerjakan semua aktivitas mulai dari menulis hingga membuat lagu. Nah, IRT dapat memilih varian Herbadrink yang disukai, seperti Temulawak, Kunyit Asam, Lidah Buaya, Beras Kencur dan sebagainya.

Karena saya paling senang dengan jahe maka saya memilih varian Sari Jahe. Biasanya varian ini saya mix dengan kelapa muda, madu, jeruk nipis atau serai. Minuman ini dapat disajikan hangat maupun dingin, kalau saya senang keduanya.


Setelah drama sakit berhari-hari yang membuat hati sedih melihat seisi rumah yang tidak terurus maka sekarang sudah berkomitmen untuk selalu menjaga kesehatan serta selalu menghangatkan diri dengan Herbadrink Sari Jahe. Apalagi sekarang mulai musim hujan jadi kudu jaga kesehatan. Kalau mommy sukanya varian apa? Yuks share di komentar ya...






  • Share:

You Might Also Like

36 comments

  1. Bikin theme song dan jingle juga ya ternyata. Seru banget. Tetep fit dengan sari jahenya herbadrink ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mbak, harus selalu fit demi keluarga dan berbagai kegiatan.

      Delete
  2. sari jahe itu memang enak yaaa di perut mba, karena membuat perut terasa hangat dan nyaman. Kalau lagi winter saat tinggal di luar, aku sering minta bawakan minuan seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, wah lagi winter ya. Hangat banget kalau pakai Sari Jahe.

      Delete
  3. aku juga suka bangeeet sari jahe mba..enak di perut dan nyaman. kalau winter selalu minta bawakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak hangat dan nyaman di perut kalau Herbadrink.

      Delete
  4. Akupun sukaakk bgt dgn HerbaDrink yg sari jahe ini. Rasanya suegerr, bikin bodi jadi setroong gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setuju mbak, seger dan buat jadi semakin strong hehe

      Delete
  5. Saya suka juga yg lidah buaya. Rasanya seger dan nggak langu

    ReplyDelete
  6. Aku sering beli Herbadrink,.paling sering aku beli beras kencur sama temulawak.
    Kerasa seger dan aslinyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semua varian aku suka banget mbak dan manisnya pas pula.

      Delete
  7. Saya belum pernah cobain nih kalau dikasih kelapa muda. Kayaknya memang lebih enak rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai kelapa muda enak banget mbak apalagi campur serai.

      Delete
  8. Irt harus pinter2 menjaga kesehatan, kalau tumbang, seisi rumah ikt kena dampaknya. Herbadrink ini enak ya tinggal seduh dan minum aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget le. Aku aja kemarin haduh sampai tumbang dan kasihan anak-anak.

      Delete
  9. Ini praktis banget sih menurut aku mba ga perlu marut2 jahe kerasa sama aku marut jahe butuh waktu wkwkwkwk kalau herbadrink tinggal seduh deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget Mbak Herva, senang banget dengan produk ini.

      Delete
  10. Mantul banget mbk tipsnya. Apalagi masalah daya tahan tubuh perlu banget ini biar fit badannya.

    ReplyDelete
  11. Waaah mba Arda suka bikin lagu ya. Keren banget deh. Nah itu bener, buat mommy yg aktif mmg harus selalu fit ya. Sehat2 terus ya mbaa.

    ReplyDelete
  12. Eh Mba Arda habis potong rambut ya?
    Hehehe ketahuan deh stalking huhuhu
    Iya nih mau nanya aman ga buat busui nih?

    ReplyDelete
  13. Baru tahu kalau Mbak Arda bisa bikin lagu anak-anak juga. Keren, deh! Segala bisa!

    ReplyDelete
  14. Aku juga akrab dengan jamu dan minuman tradisional seperti ini Mbak. Favorit memang yang jahe ya, uda nyoba Herbadrink yang wedang uwuh Mbak? Itu juga anget....

    ReplyDelete
  15. Mantap ibu ini kreatif dan produktif sekalu, multitalenta pula. Sehat selalu ya

    ReplyDelete
  16. Aktivitasnya sebagai IRT produktif banget nih Mbak. Tapi emang penting banget IRT untuk tetap jaga kesehatan. Btw saya jadi tertarik juga nih pengen ngerasain minum herbadrink itu mix air kelapa muda dingin. Pasti seger banget deh rasanya.

    ReplyDelete
  17. Saya salut banget sama Mbak Arda ini, ya ampuun produktif banget. Mengurus dua balita pula ya. Bayi usia 10 bulan itu paling susah ditinggal-tinggal nempel terus ke badan gimana mau beraktivitas dengan bebas. Yang ada main dan momong dia terus.

    ReplyDelete
  18. Wah Mbak Arda bisa main gitar ya. Ibu rumah tangga istilahnay gak boleh sakit ya nanti ketetran deh urusan rumah semuanya makanya harus fit trus

    ReplyDelete
  19. I i.mah minuman favorit akuh lho Mba..asyik.diminum pas suasana dingin..

    ReplyDelete
  20. Iya banget deh, Sari Jahe ini memang andalan. Sejak zaman kuliah hingga sekarang, aku rajin minum. Bikin badan enak dan jarang sakit. Apalagi di musim hujan kayak sekarang. Dulu sih manual bikin. Senengnya sekarang mah ada Sari Jahe Herbadrink. Praktis dengan khasiat yang sama. IRT dan wanita2 sibuk kudu minum deh. Biar selalu sehat dan fit. :)

    Btw, aku baru deh mampir ke blog Mbak Arda yang ini. Tadi baca nama blognya asing, pas lihat fotonya kok Mbak Arda. Baca About Me, baru deh ngeuh. :)

    ReplyDelete
  21. Seabrek ternyata ya aktivitas Mba Arda, harus pandai-pandai menjaga kesehata. Sari Jahe nih paling mantep untuk menjaga kebugaran tubuh.

    ReplyDelete
  22. Bener... jadi IRT itu memang harus sehat, ya. kalau sudah sakit alamat pekerjaan rumah jadi terbengkalai.

    BTw ide sari jahe sama kelapa muda-nya boleh juga nih dicoba. aku juga suka sari jahe soalnya :) apalagi pas masuk angin dan badan nggak enak

    ReplyDelete
  23. Wah baru tahu kalau mba Arda bikin jingle juga. Super banget!

    Mba, kelola stres tuh susah bgt loh kalo working at home, pusing. Hihihi

    ReplyDelete
  24. Mbaaa.. dirimu keren pake banget ih.
    Super produktif dan multitalenta, sangat menginspirasi banget :)

    Di rumah aja, nggak bikin semangat berkarya jadi layu ya, apalagi kalau ada pendukung kayak sari jahe Herbadrink :)

    ReplyDelete
  25. Wah Bun aku baru tahu lho kalau ternyata Bunda Arda jago juga ya buat lagu. Ya ampunnn keren banget sih. Multi talenta. Ngomong-ngomong sari jahe ini enak kayaknya ya bun buat peneman me time kita apalagi abis hujan-hujanan dan sambil nonton drakor. Hmmm surga dunia hahahah *aku mulai ngekhayal ��. Sehat-sehat ya bun ��

    ReplyDelete

Dear All,

Terima kasih sudah meninggalkan jejak positif di kolom komentar. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup. ^_^