ASUS E202, Kualitas Bintang 5 Harga Kaki 5!

By Arda Sitepu - Saturday, June 17, 2017








Dewasa ini jaman mengajak manusia untuk hidup serba cepat, minimalis dan memiliki mobilitas tinggi.  Hal-hal yang berbau ribet, lelet dan tidak praktis menjadi cerita usang di masa lalu. Maka tak aneh, banyak orang beralih ke barang-barang yang dapat dijadikan patner untuk mendukung mobilitas tersebut.




Sama halnya dengan seorang freelance konsultan pajak. Di saat sedang asik mengantarkan anak untuk melatih kecerdasan interpersonalnya, tiba-tiba dapat sms dari klien untuk dikirimkan hasil review kerjaan. Bagaimana mungkin, PC dan laptop berada di rumah?

Selain itu menyambi sebagai blogger tiba-tiba dapat ide untuk menulis tapi sedang berada di luar rumah. Kan enggak mungkin harus nulis di kertas atau ngetik di rental internet, apa kata dunia???

Oleh karena itu, emak-emak yang merangkap banyak jabatan di bumi pertiwi ini mulai berpikir keras untuk mengumpulkan pundi-pundi mengganti laptop yang besar menjadi minimalis. Mudah dibawa kemana-mana, muat di tas cantik dan pastinya enggak buat punggung menua sebelum waktunya.






Selama kerja di kantoran sampai saat ini sebagai freelance, satu-satunya barang elektronik yang tidak terpisahkan adalah laptop. Tak hanya untuk kerjaan, saat ini laptop sebagai patner dalam membuat buku cerita anak dan permainan melatih kecerdasan buah hati saya.

Brand yang sudah tahunan setia menemani pekerjaan saya adalah ASUS. Kualitas mumpuni, tahan banting dan awet. Hal ini sudah dibuktikan dari laptop terakhir yang saya miliki yaitu ASUS X540LJ-XX681D.



Laptop ini sudah 2x dijatuhkan oleh buah hati saya yang lagi gemar menarik barang dari meja. Ajaibnya, ASUS tidak mengalami cedera sedikitpun. Padahal, saat jatuh paniknya luar biasa. Ternyata ASUS juga mampu meredakan emosi yang membara.

Laptop yang merupakan warisan hasil kerja di dunia perkantoran ini memiliki layar yang sangat besar sekitar 15,6 inci. Oleh karena itu, laptop ini biasa stand by di rumah karena kurang mendukung mobilitas kala bepergian ke luar rumah atau ke luar kota.

Apalagi akhir-akhir ini sering menemani suami ke luar kota. Banyak pekerjaan terbengkalai dan sejujurnya klien tidak akan mengerti kondisi ini. Apabila membawa laptop yang cukup besar, kebayangkan ribetnya seperti apa. Belum lagi bawa perlengkapan si kecil yang se-gambreng. Alhasil, sang freelance dan blogger kurang produktif dan senyap kreatif.






Tak mau rasa kreatif ini mati suri berulang-ulang, maka seorang freelance konsultan pajak dan blogger membutuhkan laptop yang memiliki kemampuan mobilitas tinggi.

Terdapat beberapa kriteria laptop/notebook yang dibutuhkan seseorang yang memiliki daya gerak cukup dinamis. Terlebih seorang blogger yang harus mengejar deadline tulisan pada saat di luar rumah/kota.





Pertanyaannya, apakah ASUS memiliki notebook yang selengkap kriteria di atas? Karena saya sendiri sudah membuktikan bagaimana ASUS benar-benar sangat dipercaya sebagai patner selama tahunan. Mulai dari tahan banting, awet, ASUS yang saya gunakan juga memiliki banyak kelebihan seperti Eye Care Mode, layar jernih, Multi Gesture Touchpad, baterai tahan lama, hebatnya produk ASUS ramah lingkungan serta garansi selama 2 (dua) tahun.

Nah, bersyukurnya ASUS menjawab semua kebutuhan masyarakat yang profesinya tak terpisahkan dari notebook. Apalagi seorang konsultan pajak yang wara-wiri mengunjungi serta mencari klien di luar kantor/luar rumah. Notebook keren ini dinamakan ASUS E202, desain mungil kayak kue cubit serta warna staylish layaknya pelangi.






Jika ditanya kepada beberapa responden, terkait alasan mereka tidak membeli barang elektronik dari suatu merk adalah karena tidak mengenal dengan baik jenis barang elektronik yang ditawarkan.

Sama halnya seperti saya dan kebanyakan kaum emak di bumi pertiwi ini, sebelum membeli sesuatu pasti melihat bebet, bibit, bobot dan harganya. Pas dikualitas tapi kurang pas di dompet maka barang tersebut juga akan gagal dibeli. Maka banyak aspek yang menjadi pertimbangan kalau membeli laptop.  

Nah, buat para emak, kaum muda, kaum belia, pekerja dan semua profesi yang sedang lagi mencari laptop dengan mobilitas tinggi, berikut saya sajikan ulasan tentang ASUS E202, check it out...






Walaupun terkesan mungil, tapi ASUS E202 ini sangat stylish. Ringan sehingga dapat dijinjing dan pede di bawa kemana-mana. Notebook yang hadir dalam versi Windows 10 dan juga DOS ini tersedia dalam pilihan warna Silk White, Dark Blue, Lightening Blue dan Red Rouge.
  
Sejujurnya, dari dulu suka banget sama notebook berwarna putih, namun jarang ditemui, sehingga dari warna-warna ASUS E202 ini, saya paling jatuh cinta dengan warna putih, sampai kebawa mimpi euy...




Ukurannya yang minimalis mudah di tenteng dan dimasukkan ke dalam tas cantik. Saat dibawa tidak merusak punggung atau lengan karena berat nya hanya 1,21 kg seperti bawa cabai merah ukuran sekilo di bawa seminggu juga enggak berasa.








Disamping warna, hal utama yang harus diperhatikan adalah otak kinerja dari notebook tersebut seperti CPU, OS, Memory dan Storage. Sebenarnya ASUS yang lama sudah cukup menampung banyak program serta multimedia untuk bekerja karena kapasitas 1 TB.

Kerennya, ASUS yang mungil ini memiliki 500 GB, jadi menyimpan banyak program dan file juga tidak diragukan notebook jadi lemot. Prosessor Intel Celeron yang digunakan merupakan generasi kelima (Braswell).



Thermal Design Power (TDP) yang kecil membuat kapasitas baterai tidak mudah cepat terkuras. Hebatnya Intel Celeron N3050/N3060 Dual Core ini berkecepatan tinggi hingga 2,1 GHz dan memiliki RAM 2G.





Masalah sejuta umat sedari dulu terhadap notebook adalah baterai yang sering lemah atau tidak tahan lama. Terlebih saat berpergian di mana tidak ada arus untuk men-charger. Begitu repotnya di saat asik mengajarkan review kerjaan dan tulisan tiba-tiba notebook padam dan mati suri untuk beberapa waktu.

ASUS E202 ini sudah dirancang dalam mementingkan mobilitas dan fungsionalitas untuk memenuhi komputasi seharian baik indoor maupun outdoor. Makin jatuh cinta dengan produk ini, karena notebook berukuran A4 ini menggunakan prosesor Intel hemat daya yang menawarkan masa aktif baterai hingga 8 jam dan memiliki port USB 3.1 Type C yang sangat menghemat waktu, karena USB dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya dengan kecepatan transfer USB 3.1 ini lebih cepat 11x dibanding USB 2.0





Betapa nyamannya saat menunggu anak bermain di taman hiburan, saat berlibur, saat pulang ke kampung yang sulit arus listrik, namun semua pekerjaan dan deadline tulisan dapat mengalir dan lancar jaya.






Bicara soal keyboard, hal ini menjadi terpenting karena sudah lama saya mengalami gejala neurotropik. Khususnya bagian jari yaitu gangguan fungsi saraf dikarenakan bermain musik serta mengetik di komputer/notebook dengan waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, ASUS mendukung hal ini dengan menyajikan keyboard ergonomis yang sangat nyaman digunakan. Desain one-piece chiclet keyboard membuat pengalaman mengetik berbeda. Jarak antara tombol sangat nyaman dan kokoh serta ketebalannya membuat jari tidak mudah lelah.




Menariknya walaupun kecil tapi cabe rawit banget, bayangkan ASUS E202 ini didesain dengan touchpad yang memiliki fitur Smart Gesture untuk keyboard yang lebih intuitive dan memiliki banyak fungsi layaknya layar sentuh.







Layar berukuran 11,6 inci, beda 4 inci dengan ASUS X540LJ-XX681D yang selalu stand by di rumah. Awalnya membeli ASUS dengan layar yang lebar adalah untuk kenyamanan mata saat mengetik. Ternyata ASUS 11,6 inci ini juga sangat bersahabat dengan indera penglihatan kita.


Kerennya ASUS E202 ini memiliki resolusi HD (1366 x 768), walaupun bentuk mungil namun menyaksikan konten multimedia tetap memiliki kualitas yang baik. Apalagi, nanti saat nungguin si kecil bermain kemudian pasang film korea, sudahlah meleleh nih hati.




Teknologi Splendid merupakan perangkat lunak bawaan ASUS dengan vivid colour membuat hasil karya foto maupun video memiliki warna lebih dalam dengan tampilan luar biasa. Di samping itu, produk ini juga memiliki eyecare mode, layar dengan tampilan soft untuk melindungi mata saat menggunakan laptop dengan waktu yang cukup lama.




Selama menggunakan ASUS saya tidak pernah terganggu dengan suara-suara manja layaknya laptop pada umumnya. Apalagi, saya mudah banget terganggu konsentrasi saat mulai menulis ketika muncul suara seperti kipas. Dalam hal ini produk ASUS memiliki teknologi Fanless Design.



Rendahnya tingkat  Thermal Design Power (TDP) membuat ASUS E202 tidak menghasilkan panas yang tinggi. Oleh karena itu, di dalam produk ini tidak akan ditemui suara layaknya kipas/senyap saat bekerja. 






Pertama di dunia, notebook ukuran 11,6 inci menggunakan teknologi USB 3.1, Type – C dapat mentransmisikan data hingga 5 Gbps, sehingga proses pemindahan file berjalan dengan cepat.



Di samping itu, ASUS E202 juga ditanamkan generasi WIFI terbaru yaitu Wifi 802.11ac serta bluetooth 4.0, kecepatan transfer data lebih cepat 3x lipat dibanding notebook lainnya yang masih menggunakan standar wifi lama. Pas banget buat yang suka browsing, download serta streaming video. Hal ini belum banyak dimiliki notebook dengan harga terjangkau.




Front – Facing Speakers membuat kita langsung dapat menikmati suara jernih dan kencang. Teknologi ASUS SonicMaster kolaborasi dengan Asus Golden Ear Team menciptakan sebuah teknik engineering yang membuat suara lebih dalam, bersih walau di volume yang tinggi.


Pengalaman menggunakan ASUS sebelumnya, semua speaker produk ASUS memang kece abis. Terlebih buat anak-anak sekolah minggu yang saya latih menari, tidak perlu menambah speaker, suaranya langsung lantang melaju ke angkasa. Sama halnya dengan ASUS E202 ini dirancang dengan dua speaker yang menghadap ke depan. Maka siap jedak-jeduk dan nikmati musikmu!





Semua spesifikasi sudah lengkap banget. Kebanyakan orang pasti mikir harganya selangit. Ini dia yang dinamakan kualitas bintang lima harga kaki lima. Tak menyangka dan tak menduga, spesifikasi yang begitu lengkap cuma dibandrol harga mulai Rp3.099.000,-



Jadi, tunggu apalagi buat kamu yang punya kelebihan uang di celengan semar segera dapatkan di toko-toko elektronik terdekat. Selain versi DOS, juga sudah tersedia versi Windows 10. Kalau saya mungkin, masih nabung 2 bulan lagi, maklum emak-emak banyak kreditan. Bahkan berdoa ada peri yang baik hati ngirimkan 1 produk ini ke rumah hihihi...






Saya menanti hari itu datang, di mana ASUS E202 nangkring di tas minimalis saya. Rasanya pergerakan akan semakin cepat, tidak ragu meninggalkan rumah tanpa takut ditagih kerjaan serta akan semakin produktif dan kreatif di mana saja dan kapanpun.

Nah, 4 (empat) kegiatan manja yang akan saya lakukan dengan ASUS E202 adalah:
1.        Menerima job tambahan sebagai freelance konsultan pajak yang selama ini tertunda akibat mobilitas tinggi tanpa ditemani perangkat seperti ASUS E202.  
2.          Aktivitas menulis cantik dan membagikan banyak hal positif ke dunia maya secara ekpress dan langsung dari tempat perkara alias outdoor.
3.            Semakin produktif dan kreatif membuat cerita serta permainan anak usia dini.
4.            Belajar lagi agar template/tampilan blog semakin memesona kaum adam dan hawa yang sering wara-wiri di dunia digital.



Selamat berbahagia dan manja-manja cantik dengan ASUS E202.

Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com

  • Share:

You Might Also Like

52 comments

  1. notebook ringan yang bisa di bawa ke mana aja ini enak ya mendukung aktivitas banget

    ReplyDelete
  2. Wah keren juga asus ini, teman saya juga punya, bobotnya ringan sekali, mudah di bawa kemana mana. kangamir dot kom

    ReplyDelete
  3. Good luck ya, Notebook Asus yang satu ini memang memenuhi ekspektasi kita semua, tak peduli apapun profesi yang kita jalani, mulai dari penulis, blogger, mahasiswa, dosen, guru, karyawan, desainer grafis dan lain sebagainya.

    Eh BTW, saya juga ikutan loh, KUYlah mampir sejenak di blog sederhana saya

    ReplyDelete
  4. keren banget nih asus e202, kecil-kecil cabe rawit. warnanya juga keren tuh, kalau boleh milih saya suka yang biru. kalau diliat spesifikasinya juga udah mantep banget nih apalagi harganya cukup terjangkau. kayaknya harus siapin dana deh buat nyoba notebook ini.

    ReplyDelete
  5. Kerja jadi makin produktif dan efisien dengan Asus E202 ya,Mbak. Asus Emang mantappp..😊

    ReplyDelete
  6. Saya sdh lama pakai Asus E202, beneran awet mbaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awet ya... Pengen bgt punya si kecil imut ini :)

      Delete
  7. asus emang awet dan bisa banget dijadikan brand yg berkualitas. saya pake brand asus, terutama laptop, puas banget dengan performanya. ini asus e202, pasti sangat berguna bagi yg memiliki mobilitas tinggi. cepet, imut, nggak berisik, stylist, tapi performanya gak kalah mantep.

    ReplyDelete
  8. waww!!! tulisannya lengkap banget dan bener bener sesuai ama kenyataan yang ada. Seandainya aku punya juga yah. satu ajaaaah yang warna biru hehehe

    ReplyDelete
  9. Duh,cuma mamak2 yg ngerasain bawaan anak uda segambreng2, senang banget kalau ada notebook imut yg bisa mengurang2i beban tentengan ya Kak.
    Salam kenal yaaa..

    ReplyDelete
  10. partner paling pas nih buat mobile freelancer :)

    ReplyDelete
  11. Ulasannya mantap mbak... Good Luck ya ^^

    ReplyDelete
  12. Butuh banget nih sama notebook yang spesifikasinya kayak Asus E202 ini. Amat penting buat aktifitas menulis sehari-hari. Btw good luck ya mba...

    ReplyDelete
  13. dikau pengen putih, aku pengen biru.
    biar beda-beda tetap ASUS jua
    eh, aku juga sampai kebawa mimpi loh mbak, hahaha
    semoga gimanapun caranya, bisa mampir deh ni notebook ke dalam tas sayah dan anda

    ReplyDelete
  14. artikelnya menarik

    salam kenal Mbak

    ReplyDelete
  15. Desainnya minimalis, harganya pas dikantong. Mantap nih klw sedang meeting di lain tempat, walaupun dihari yang sama dengan berat ringan, sehingga tidak membebani dikalan membawanya. :)

    ReplyDelete
  16. kok ya malah tambah kesemsem baca review ini. ngebet tiba-tiba :3

    ReplyDelete
  17. Review-nya paling oke ini. Semoga menang ya Mom...

    ReplyDelete
  18. Asus yang E202 ini memang cocok banget buat kita - para perempuan ini ya Mbak. Simpel dan mumpuni. Good luck lombanya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener banget Mba, memang lagi butuh banget moga aja kebagian satu hehe :)

      Delete
  19. Desainnya bagus banget mbak, artikelnya keren banget persis sama seperti Asus E202 hehehehehe

    ReplyDelete
  20. Fitur dan modelnya emang cocok buat wanita aktif kayak kita yaa :D

    ReplyDelete
  21. Reviewnya keren. jadi pengen beli asus e202 ahahahhha... ni mata gampang amet silau ama barang2 baru ya Allah...

    ReplyDelete
  22. mantap reviewnya jelas banget, rate 5 deh

    ReplyDelete
  23. spesifikasi yg ditawarkan lumayan sesuai dengan kebutuhan blogger, gk bakal lemot dan gk terlalu berat diongkos

    ReplyDelete
  24. Wahhh jadi pengen nambah lagi nih koleksi laptop asusnya wuehehe, mantep banget lah keluaran produk asus yang terbaru ini wuehehe

    ReplyDelete

Dear All,

Terima kasih sudah meninggalkan jejak positif di kolom komentar. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup. ^_^